Categories
Uncategorized

PELATIHAN PENGEMBANGAN DIRI DAN KARIR UPT BIMBINGAN KONSELING DAN PEMBINAAN KARIR UNIVERSITAS MATARAM

1.1 Latar Belakang.

         Visi Unram adalah “Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi Berbasis Riset Berdaya Saing Internasional tahun 2025”,  untuk mencapai misi tersebut salah satu misinya adalah membangun jaringan kerjasama yang luas dengan berbagai pihak instansi pemerintah dan swasta, di dalam dan luar negeri, dalam rangka untuk mendukung pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi yang berstandar mutu nasional dan internasional.

         Untuk mencapai visi dan misi tersebut, telah banyak dilakukan oleh Universitas Mataram, baik internal maupun eksternal, sisi internal adalah mengembangkan SDM, sarana prasarana maupun kurikulum serta kelembagaan. Dengan pihak eksternal menjalin kerjasama.. dengan pihak dalam negeri maupun pihak luar negeri, pihak dunia usaha dan industry  maupun dengan pihak pemerintah, disamping juga kerjasama dengan para alumni.

         Dalam rangka mengimplementasikan visi dan misi diatas telah terbentuk Unit Pelaksana  Teknis Bimbingan Konseling dan Pembinaan Karir (UPT BKPK), melalui lembaga Bimbingan Konseling dan Pembinaan Karir diharapkan dapat memfasilitasi upaya peningkatan kebekerjaan (employability) lulusan, hal ini  juga sebagai  bentuk tanggung jawab Unram kepada masyarakat dalam hal relevansi outcome pendidikan tinggi. Lulusan yang berhasil dan secara profesional sukses  dalam karir yang pada saatnya akan menjadi salah satu aset utama Universitas Mataram yang  bermuara kepada kebermaknaan dalam berkontribusi kepada  masyarakat luas.

         Untuk memperkuat kedudukan lembaga dan Sesuai dengan Organisasi dan Tata Kerja (OTK) Universitas Mataram maka dikeluarkan Surat Keputusan Rektor nomor  5321/UN18/HK/2018 tanggal  18 Agustus 2018 tentang struktur Organisasi menjadi UPT  Bimbingan Koseling dan Pembinaan Karir, dan Surat Keputusan Rektor nomor  8060/UN18/HK/2018 tanggal  5 Desember 2018 tentang susunan pengurus tahun 2019.Sebagai lembaga baru UPT Bimbingan Konseling dan Pembinaan Karir harus dapat menunjukkan eksistensinya dengan membuat rencana program dan melaksanakan program yang sesuai dengan keberadaannya dan tuntutan para pengguna, yaitu adanya suatu layanan  konsultasi, bimbingan dan layanan pelatihan yang prima, serta harus memahami keberadaan para alumninya melalui penelusuran alumni (tracer study). Salah satu program yang harus segera diimplementasikan dalam bulan ini ialah berupa Pelatihan Pengembangan kepribadian dan Karir Mahasiswa Universitas Mataram.

1.2 Tujuan Pelatihan Pengembangan Diri Dan Karir

        Tujuan pengembangan diri ini, ialah agar mahasiswa Univeristas Mataram, terutama mahasiswa aktivis agar bisa berkembang kepribadiannya terutama, menghadapi dunia kerja setelah mereka menamatkan studinya kelak.

1.3 Manfaat Pelatihan Pengembangan Diri Dan Karir.

        Setelah kegiatan pelatihan pengembangan diri dan karir terlaksana, diharapkan mahasiswa yang dilatih memperoleh manfaat sebagai berikut:

  1. Manfaat langsung.

         Para mahasiswa aktivis memiliki bekal pengetahuan, sikap  dan ketrampilan bahkan kepribadian yang mantap terutama menyongsong era 4.0 dalam penyiapan diri dan karir yang akan ditekuninya.

  1. Manfaat bagi Lembaga UPT BKPK

         Diharapkan kegiatan ini, menjadi bagian dari Universitas Mataram dalam pelaksanaan misinya, yaitu untuk “mengantarkan” mahasiswa yang memiliki kepribadain yang unggul dan mengurangi “mismatch” para lulusan.

2.1 TEMPAT DAN WAKTU KEGIATAN

       Kegiatan ini direnacanakan pada Hari/tanggal : Sabtu, 30 November 2019. Bertempat di Ruang sidang UPT Konseling (Perpustakaan Unram Lt.1) Jl. Majapahit 62 Mataram.

2.2 PESERTA PELATIHAN

       Peserta Pelatihan pengembangan diri dan Karir ini adalah mahasiswa Unram yang berjumlah 40 orang dengan rincian sebagai berikut :

Tabel 1.

Peserta dan Asal Fakultas Yang Mengikuti Kegiatan Pelatihan Pengembangan Diri dan Karir UPT. BKPK Tahun 2019

No.

Fakultas / Prodi

Jumlah Peserta (orang)

1.

Teknologi Pangan

2

2.

Ekonomi dan Bisnis

2

3.

Hukum

2

4.

Teknik

2

5.

Pertanian

2

6.

Peternakan

2

7.

MIPA

2

8.

KIP

2

9.

Kedokteran

2

10.

PS. Sosiologi

2

11.

PS. Hubungan Internasional

2

12.

PS. Ilmu Komunikasi

2

13.

BEM Universitas Mataram

2

14.

DPM Universitas Mataram

2

15.

UKM PIK-M Cerah

4

16.

UKM PRAMUKA

2

17.

UKM LDK Baabul Hikmah Unram

2

18.

UKM OIKUMENE

2

19.

UKM KMHD

2

JUMLAH

40

2.4 MATERI, NARASUMBER.

         Materi dan Narasumber Pelatihan Pengembangan diri dan Karir dapat disajikan dalam bentuk Tabel pelatihan, sebagaimana tertulis berikut:

HARI/TANGGAL /JAM

MATERI DIKLAT

FASILITATOR

MODERATOR

SABTU, 30 NOVEMBER 2019

07.30  –  08.00

Registrasi Peserta

 

 

08.00 – 09.00

Sambutan-sambutan:

1.    Ketua Panitia Pelaksana

2.    Rektor Universitas Mataram (Sekaligus membuka kegiatan pelatihan)

 

 

09.00 – 10.15

Sososk Utuh Kepribadian Mahasiswa Yang Ideal

Prof. Dr. H. M. Natsir, SH., M.Hum.

Dr. H. A. Hari Witono, M.Pd.

10.15 -11.30

Tabel Manner

Drs. Putu Gde,. M.Par

Dr. Siti Aisyah, SE., MSi.

11.30 – 13.30

ISHOMA

13.30 – 15.00

Teknik Memilih dan eksplorasi jenis pekerjaan di Dunia Maya via Media social ; Internet

Cahyo Mustiko Okta, M.St.,  M.Sc., Ph.D

Dr. Firmansyah, SE., MSi.

15.00-15.45

SHOLAT ASHAR

15.45 – 17.15

Pengenalan diri pada Tes Bahasa Inggris, TOEIC ( Test of English International Communication).

Dr. H.Amin, T.Sol.

Drs. Alamsyah Ab. MP

17.15 -15.30

Penutupan

Kepala UPT BKPK

Ketua Panitia

 2.4 Materi Pelatihan

       Materi pelatihan yang di berikan yaitu :

  1. Sosok Utuh Kepribadian Mahasiswa Yang Ideal
  2. Tabel Manner
  3. Teknik Memilih dan eksplorasi jenis pekerjaan di Dunia Maya via Media social ; Internet
  4. Pengenalan diri pada Tes Bahasa Inggris, TOEIC ( Test of English International Communication).

2.5 Metode Penyampaian Materi

          Pelatihan ini menggunakan metode penyampaian materi dalam bentuk ceramah, diskusi, dan demonstrasi

2.6 Panitia dan Narasumber

           Panitia pelaksana  pelatihan Pengembangan Diri dan Karir  sesusai dengan SK Rektor Unram Nomor : 8820/UN18/HK/2019 sebagaimana dalam lampiran 3, sedangkan narasumber pelatihan ini adalah pengurus/ pengelola UPT Bimbingan Konseling dan Pembinaan karir Universitas Mataram, Sebagai Berikut :

  1. Dr. H. M. Natsir, SH., M.Hum.
  2. Putu Gde., M.Par
  3. Cahyo Mustiko Okta, M.St., M.Sc., Ph.D
  4. H. Amin, T.Sol

A. Sosok Utuh Kepribadian Mahasiswa Yang Ideal ( Dr. H. M. Natsir, SH., M.Hum.)

Kata “mahasiswa” berasal dari dua kata yaitu “maha” dan “siswa”. Siapapun yang menjadi mahasiswa berarti mereka sudah berada pada tingkatan yang lebih tinggi daripada siswa. Mahasiswa ideal adalah mahasiswa yang mampu memahami, mengerti dan mampu menjalani perannya sebagai seorang mahasiswa serta menjadi tauladan bagi mahasiswa lainnya. Ciri-ciri dari mahasiswa ideal:

  1. Didasari dengan ibadah
  2. Pandai mengatur waktu
  3. Rajin dan Disiplin
  4. Berwawasan luas
  5. Istiqomah (konsisten)
  6. Organisatoris

 

Pembukaan Pemberian materi yang di sampaikan langsung oleh Prof. Dr. Muhammad Natsir, SH., M.Hum.

 

B. TABLE MANNER (Drs. Putu Gde, M.Par.)

  1. Pengertian Table Manner

Table Manner adalah  upaya membenarkan etika seseorang ketika bersantap di meja makan. Hal ini dilakukan agar acara perjamuan tertata dengan baik dan kesan kesopanan akan jauh lebih terlihat.

  1. Aturan Dasar Table Manner

Aturan yang Harus Dilakukan; Duduk dengan posisi badan tegap dan rapi. Letakkan serbet di atas paha. Tunggu hingga semua orang duduk sebelum mulai makan. Perhatikan atau tanya orang lain jika tak tahu cara makan sesuatu. Minta tolong orang lain untuk mengambilkan makanan daripada merepotkan sendiri. Kunyahlah makanan dengan mulut tertutup. Bicaralah ketika mulut kosong.

Aturan yang Jangan Dilakukan; Jangan bicarakan hal-hal yang kotor atau topik tak menyenangkan. Jangan minta tambah sebelum semua orang mendapatkan bagiannya. Jangan mengambil makanan berlebihan. Jangan gunakan garpu dan piring secara berlebihan. Jangan langsung telan makanan. Jangan mengunyah dengan mulut terbuka. Jangan berbicara dengan mulut penuh makanan.

  3.  Peralatan Table Manner
a.         Chinaware
b.         Silverware
c.          Glasssware
  1. Menata Meja (Table Set-Up)
  2. Basic Table setting
    Keterangan :
  3. B&B Plate 2. B&B Knife 3. Dinner Fork
  4. Show plate, napkin 5. Dinner Knife       6. Water Goblet
  5. Standart Table setting

Keterangan :

  1. B&B Plate 2. B&B Knife 3. Dinner Fork           4. Show plate, napkin
  2. Dinner Knife 6. Soup Spoon 7. Water Goble
  3. Elaborate Table setting

Keterangan :

  1. B&B Plate 2. B&B Knife 3. Dessert Fork   4. Dinner Fork    5. Show plate, napkin     6. Dinner Knife    7. Soup Spoon   8. Dessert Knife   9. Dessert Spoon             10. Dessert Fork         11. Water Goblet     12. Red wine glass   13. White wine glass

 

Pemberian Materi “ Tabel Manner” yang di sampaikan oleh Drs. Putu Gde,. M.Par

 

C. PENGENALAN DIRI PADA TES BAHASA INGGRIS, TOEIC (Test Of English International Communication) By : H. Amin, M.Tesol.

  1. WHAT IS TOEIC
  • An internationally recognized test of English for those whose first language is not English
  • While TOEFL and IELTS are used mostly for academic purposes, TOEIC is designed more for international communication among in work place.
  • More than 4000 companies use TOEIC as evidence of language proficiency
  1. What is in the TOEIC test
  • All questions are sample of oral and written language used in the work place.
  • All questions are in multiple choice (MC) type
  1. Contexts and situations depicted in the TOEIC
  • general business: contracts, negotiation, marketing, sales, etc.
  • Manufacturing: manufactoring management, assembly lines, quality control, etc.
  • Finance and budgeting: banking, investment, taxation, accounting, etc.
  1. Contexts and situations depicted in the TOEIC (cont.)
  • Corporate development: research and product development.
  • Offices: board meeting, correspondence, telephoning, faxing, emails, etc..
  • Personnel: recruitment, retirement, salary, promotion, etc.
  1. Format of NEW TOEIC test: Listening (45 Min.)

Part

Description

Part I

Photograph: 10 questions

Part II

Question-response: 30 questions

Part III

Conversation: 30 questions

10 conversations with 3 questions each

Part IV

Short Talks: 30 questions

10 talks with 3 questions each

Total

100ems

  1. Format of NEW TOEIC test: Reading (75 Min.)

Part

Description

Part I

Incomplete Sentences: 40 questions

Part II

Text Completion: 12 questions

Part III

Single Passages: 28 questions;

7-10 reaing texts with 2-5 questions each

Part IV

Double Passages: 2 questions

4 pairs of reading texts with 5 questions per pair

Total

100 items

  1. What is a good TOEIC score
    • For international position: 800-850
    • For a diploma degree 750
    • To get 400 for each test (75 correct for Listening and 86 correct for Reading)

 

Pemberian Materi “Pengenalan diri pada Tes Bahasa Inggris, TOEIC ( Test of English International Communication” di sampaikan Oleh Dr. H.Amin, T.Sol.

 

D. TEKNIK MEMILIH DAN EKSPLORASI JENIS PEKERJAAN DI DUNIA MAYA VIA MEDIA SOSIAL; INTERNET (Cahyo Mustiko Okta, M.St., M.Sc., Ph.D.)

A. Tips Mencari Pekerjaan Dengan Memanfaatkan Internet

  1. Kenali Minat dan Bakatmu

         Memahami potensi diri kita adalah salah satu kunci untuk menemukan pekerjaan yang cocok.

  1. Kenali Hobimu

         Menjalankan suatu pekerjaan dari hobi adalah selain mendapatkan uang yaitu, kita bahagia saat mengerjakan pekerjaan yang kita lakukan, dilakukan sepenuh hati sehingga tidak ada rasa jenuh dan hasil yang diperoleh maksimal.

  1. Mencari Peluang melalui jaringan atau relasi
  • Tetap menjaga komunikasi dengan orang disekitar, karena lowongan pekerjaan

seringkali tersebar dari satu orang ke orang lainnya

  • Perkuat hubungan dengan kolega lama, alumni kampus, teman, tetangga, keluarga besar dan biarkan mereka tahu apa yang kamu cari.
  • Manfaatkan internet untuk berkomunikasi melalui chatting
  1. Optimalkan Penggunaan LinkedIn

          Linkedln sebagai media sosial untuk urusan profesional pekerjaan adalah salah satu cara yang bisa diandalkan untuk menemukan pekerjaan baru. Fungsi pencarian di LinkedIn memudahkan mencari pekerjaan, orang, dan perusahaan.

5. Manfaatkan Media Sosial

  • Media Sosial bisa menjadi saluran ribuan informasi. Gunakan untuk followakun-akun yang sering mengunggah lowongan pekerjaan
  • Followakun social media perusahaan impian untuk terus update saat perusahaan membuka lowongan pekerjaan.

6. Cari Peluang di Situs Portal Pekerjaan

         Ada banyak portal pencarian lowongan kerja yang bisa ditemukan di internet. Biasanya tiap portal mengharuskan penggunanya untuk sign up dan membuat profil terlihat dahulu. Buat akun dan isi profil secara lengkap pada website pencarian kerja.

7 . Gunakan CV yang tepat

         CV (Curriculum Vitae) adalah hal yang sangat penting untuk  menunjukkan siapa dirimu saat melamar kerja. CV harus menarik, singkat dan langsung ke inti, serta jangan lupa cantumkan social media yang kita punya.

8. Cari informasi sebanyak mungkin tentang perusahaan dan posisi yang dilamar

  • Lingkungan / kantor / perusahaan
  • Stabilitas Perusahaan
  • Besar Gaji dari perusahaan
  • Jenjang karir di Perusahaan

B. Cara Membedakan Lowongan Kerja Asli dan Palsu di Internet

  1. Posting Iklan Bukan di Web Resmi Perusahaan
  2. Perhatikan Informasi Perusahaan
  3. Mencantumkan Alamat Fiktif
  4. Menggunakan Provider yang Umum Digunakan
  5. Perhatikan Alamat Email Perusahaan
  6. Waspadai SMS Panggilan Interview
  7. Deskripsi Pekerjaan Tidak Jelas
  8. Meminta Sejumlah Uang

 

Pemberian Materi “Teknik Memilih dan eksplorasi jenis pekerjaan di Dunia Maya via Media social ; Internet” di sampaikan oleh Cahyo Mustiko Okta, M.St.,  M.Sc., Ph.D

 

KESIMPULAN DAN SARAN

 3.1 Kesimpulan

        Sosok utuh menjadi mahasiswa yang ideal di tuntut untuk memahami jati diri sebagai seorang mahasiswa yang memiliki kendaraan emosional, kecerdasan intelektual dan kecerdasan spritiual oleh karenanya seorang mahasiswa ideal harus berwawasan kebangsaan, mampu mengelola diri sendiri serta memiliki etika dan etika akademik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *