bkpkunram@gmail.com 0818540776 | 082340088644

BIMBINGAN KONSELING DAN PEMBINAAN KARIR UNIVERSITAS MATARAM (BKPK UNRAM)


1. Latar Belakang Terbentuknya KPPK Unram

       Untuk menunjang pelaksanaan program penyelarasan pendidikan dengan dunia kerja, dan menyiapkan lulusan perguruan tinggi (PT) untuk bersaing di pasar kerja yang makin kompetitif, Perguruan Tinggi (PT) harus memfasilitasi upaya peningkatan kebekerjaan (employability) lulusannya. Hal ini juga merupakan bentuk tanggung jawab PT kepada masyarakat dalam hal relevansi outcome pendidikan tinggi. Lulusan yang berhasil dan secara profesional sukses pada saatnya akan menjadi salah satu aset utama PT dan kontribusinya bagi dunia pendidikan tinggi akan menjadi signifikan.
       Dalam menunjang pelaksanaan program penyelarasan pendidikan dengan dunia kerja, dan menyiapkan lulusan perguruan tinggi (PT) khsususnya Universitas Mataram yang berdayasaing di pasar kerja yang makin kompetitif sebagaimana disebutkan, maka Universitas Mataram harus memfasilitasi upaya peningkatan kebekerjaan (employability) lulusan tersebut. Hal ini juga sebagai bentuk tanggung jawab Unram kepada masyarakat dalam hal relevansi outcome pendidikan tinggi. Lulusan yang berhasil dan secara profesional sukses dalam karir pada saatnya akan menjadi salah satu aset utama Universitas Mataram yang bermuara kepada kebermaknaan dalam berkontribusi kepada masyarakat luas.
       Konseling dan Pusat Pengembangan Karir Universitas Mataram (KPPK Unram), dibentuk berdasarkan surat tugas Rektor Universitas Mataram no. 2991/UN.18/KP.00.01/2016 tanggal 12 Maret 2016. Atas dukungan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (Dr. Muhammad Nasir, SH., MH.) dan kerjasama team yang diketuai oleh bapak Dr. H. Ahmad Hari Witono, M.Pd. dan dibantu oleh pengurus lainnya, akhirnya pada tanggal 21 Juni 2017 secara resmi didirikan/dikokohkan dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Mataran no. 6403/UN18/HK/2017 tentang pengangkatan pegurus Pusat Pengembangan Karir Universitas Mataram tahun 2017.

2. Fungsi KPPK
Fungsi Utama Konseling dan Pusat Pengembangan Karir Universitas Mataram antara lain:

Melayanan konsultasi dan bimbingan karir bagi mahasiswa dan alumni
Memberi informasi yang seluas-luasnya bagi mahasiswa dan alumni tetang dunia kerja
Membekali mahasiswa dan alumni tentang kewirausahaan dan berbagai keterampilan tambahan dalam bentuk pelatihan sebagaimana yang dipersyaratkan dalam dunia usaha yang bersifat soft skill
Menjadi mediator antara perusahaan/instansi/industri pencari tenaga kerja dengan para mahasiswa tingkat akhir/sarjana/alumni Universitas Mataram sebagai tenaga kerja
Melakukan kerjasama dengan berbagai perusahaan/instansi/industri pencari tenaga kerja melalui program Recruitment KPPK-Unram. Melalui program ini perusahaan/ instansi/industri pencari tenaga kerja dapat memperoleh calon tenaga kerja berkualitas sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan
Melaksanakan tracer study secara sensus terhadap alumni unram

3. Kegiatan-Kegiatan Yang Dilakukan

a. Kegiatan Sosialisasi KPPK
b. Job fair
c. Pelatihan persiapan memasuki dunia kerja
d. Recruitment

VISI MISI BIMBINGAN KONSELING DAN PEMBINAAN KARIR UNIVERSITAS MATARAM (BKPK UNRAM)


Visi

Menjadi pusat konseling dan pengembangan karir mahasiswa dan alumni sehingga mampu bersaing dalam dunia kerja serta memiliki jiwa wirausaha dalam menghadapi era globalisasi.

Misi

Menyediakan layanan konsultasi dan bimbingan karir bagi mahasiswa dan alumni.
Mempersiapkan mahasiswa dan alumni Unram agar memiliki kemampuan dengan standar kompetensi yang dibutuhkan dunia usaha.
Menciptakan jaringan kerja sama yang seluas-luasnya dengan institusi pemerintah, dunia usaha/industry.
Memberikan informasi lowongan kerja dan magang, melakukan pelatihan mengenai dunia kerja dan kewirausahaan serta mengelenggarakan proses perekrutan tenaga kerja.
Melakukan tracer study secara sensus terhadap alumni unram.